wanita sukses

Putri Soekarno Dan Dunia Politik

Siapa yang tidak kenal dengan Ir.Soekarno? Salah satu pahlawan bangsa ini memiliki karir politik yang cemerlang hingga membuat beliau tidak hanya dikenal di Indonesia, tapi juga di dunia. Banyak hal-hal menarik yang tak habis-habis bisa diulas dari perjalanan hidup The Founding Father NKRI ini, dari mulai masa muda hingga masa tua dan juga perintilan-perintilan cerita tentang betapa gagahnya beliau. Salah satu bagian yang akan kita ulas disini adalah mengenai putri hasil pernikahan Sang Proklamator yang memutuskan untuk mengikuti jejaknya di dunia politik. Bagaimanakah perjalanan mereka? Apakah mereka dapat mengikuti jejak sang ayah dengan baik? untuk menjawab kedua pertanyaan diatas berikut dijabarkan,

1.Megawati Soekarnoputri

Megawati Soekarnoputri

Megawati merupakan anak kedua dari hasil pernikahan Ir.Soekarno dengan Ibu Fatmawati yang berasal dari Bengkulu. Megawati kecil lahir di Yogyakarta dan tumbuh dalam suasana istana kepresidenan saat itu. Karir politiknya diawali saat Megawati mengenyam pendidikan di bangku perguruan tinggi dengan ikut serta dalam organisasi ekstrakampus bernama Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia. Perjalanan politik diarungi Megawati dari berbagai jabatan di dalam partai politik hingga pada umur 54 tahun beliau kembali menginjakkan kaki di istana kepresidenan sebagai Presiden kelima Indonesia menggantikan Presiden sebelumnya, Bapak Abdurrahman Wahid yang diturunkan oleh mandat MPR saat itu. Kini Megawati menjabat sebagai ketua umum partai PDI Perjuangan periode 2019-2024.

2.Rachmawati Soekarnoputri

Rachmawati Soekarnoputri

Anak dari pernikahan Ir.Soekarno dengan Ibu Fatmawati ini terjun ke dunia politik dengan masuk sebagai anggota Partai Pelopor di tahun 2002. Rachmawati yang lahir di Jakarta ini juga merupakan ketua Yayasan Pendidikan Bung Karno. Perbedaan pandangan politik Rachmawati dengan Megawati telah lama menjadi perbincangan publik sejak dirinya pertama kali berkecimpung. Berpuluh-puluh headlines diangkat terkait konfliknya dengan sang kakak. Pada masa kepemimpinan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono-Jusuf Kalla yang berhasil memenangkan pemilu tahun 2004 mengalahkan pasangan Megawati-Hasyim, Rachmawati diangkat menjadi Anggota Dewan Pertimbangan Presiden Republik Indonesia, terhitung sejak 10 April 2007 hingga 20 Oktober 2009.

3.Sukmawati Soekarnoputri

Sukmawati Soekarnoputri

Terakhir, ada Sukmawati Soekarnoputri yang juga merupakan adik kandung dari Megawati dan Rachmawati. Sukmawati juga lahir dan tumbuh di Istana Merdeka, Jakarta. Putri Presiden satu ini pernah hampir menjadi permaisuri setelah dinikahi oleh Putra Raja Surakarta pada tahun 1974. Ketertarikannya terhadap politik membuat Sukmawati mengambil lompatan untuk terjun ke dunia politik di masa keruntuhan Presiden Soeharto dengan turut serta dalam menghidupkan kembali Partai Nasional Indonesia-Soepeni yang merupakan gagasan Sang Ayah dulu. Berbagai kontroversi mewarnai karir politiknya, seperti perseteruannya dengan Habib Rizieq Shihab dan puisi yang dianggap menistakan umat Islam yang dibacakan Sukmawati dalam helatan acara Indonesia Fashion Week tahun 2018. Kini, Sukmawati disibukkan dengan melakoni kegiatan yang menyalurkan kecintaannya terhadap seni dan budaya dan menulis buku tentang sejarah.

Nah, begitulah kilas singkat mengenai Putri Soekarno dalam kancah dunia politik. Penilaian akan perjalanan politik mereka silakan anda nilai sendiri. Tapi satu yang perlu diingat, bahwa di dunia politik tidak hanya para pria yang boleh berada didalamnya. Asal dengan niat yang baik dan pengetahuan yang mumpuni, para wanita juga dipersilakan untuk terjun menggeluti perpolitikan. Lihat saja ketiga Putri Soekarno ini, mereka tak sedikitpun memperdulikan apa persepsi orang-orang terhadap wanita yang tidak berada di belakang dapur. Semoga di masa yang akan datang, kita bisa melihat banyak wanita-wanita tangguh yang terjun berpolitik dengan baik dan benar.

Semoga.